Tata Cara Penulisan Daftar Riwayat Hidup(DRH) / Curriculum Vitae (CV) Beserta Lampirannya   Leave a comment


Dalam menghadapi persaingan kerja yang semakin ketat seperti saat ini, setiap pelamar dituntut untuk bisa menampilkan keunggulan-keunggulan dirinya dari pelamar lain agar memperoleh kesempatan yang lebih besar untuk diterima di perusahaan yang diminati. Salah satu caranya adalah dengan cara menampilkan daftar riwayat hidup/curriculum vitae yang terkesan elegan dan mampu menggambarkan dirinya secara utuh.

Dengan maksud membantu calon pencari kerja dalam merumuskan daftar riwayat hidup yang baik, maka penulis mencoba untuk memaparkan hal-hal yang perlu dicantumkan dalam daftar riwayat hidup, antara lain:

  1. Data Pribadi berupa nama pelamar, alamat, tempat/tanggal lahir, nomor telephone yang bisa dihubungi.
  2. Riwayat Pendidikan, mulai dari pendidikan terendah sampai tertinggi. Jangan lupa mencantumkan nilai akademis yang diraih.
  3. Pengalaman Organisasi serta jabatan yang pernah diemban.
  4. Pengalaman Kepanitiaan serta jobsdescription-nya
  5. Seminar, pelatihan, dan kursus yang pernah diikuti.
  6. Penghargaan yang pernah diraih (jika di anda pernah mengikuti kegiatan pertukaran pelajar, maka akan lebih baik dicantumkan di daftar riwayat hidup).
  7. Skill, termasuk kemampuan bahasa asing, kemampuan bahasa daerah, kemampuan di bidang seni, kemampuan penguasaan teknologi komputer, dll.
  8. Hobi. Ingat: cantumkanlah hobi yang menarik, seperti menulis, membaca, olahraga, dll.
  9. Khusus bagi anda yang pernah bekerja, cantumkanlah pengalaman kerja serta posisi yang pernah anda duduki lengkap dengan jobdescription-nya

Untuk menunjang daftar riwayat hidup, perlu juga dilampirkan beberapa copy dokumen, antara lain:

  1. Pas photo, baik berwarna maupun hitam putih
  2. Photo copy KTP
  3. Copy ijazah terakhir
  4. Copy transkrip nilai terakhir
  5. Piagam penghargaan yang pernah diterima
  6. Ijazah pelatihan, seminar, dan kursus yang pernah diikuti
  7. Surat keterangan ikut organisasi
  8. Surat keterangan kerja dari perusahaan sebelumnya
  9. Surat Keterangan Kelakuan Baik(SKKB)/Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK), apabila diminta.
  10. Surat Keterangan Pencari Kerja dari Dinas Tenaga Kerja setempat, apabila diminta
  11. Surat Rekomendasi dari ”orang dalam” perusahaan (alias surat nepotisme, hehehe), apabila ada.

Demikianlah secara garis besar isi dan lampiran dari daftar Riwayat Hidup yang baik, mudah-mudahan dapat membantu teman-teman menuju kesuksesan dalam meraih pekerjaan yang diinginkan.

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: